Kamis, 10 April 2008

Penutupan akses Youtube

Senin yang lalu akses Youtube ditutup oleh .... Gak cuma Youtube, tapi juga Multiply, Rapidshare dll, dan sangat mungkin juga Google, cuma gara-gara uploading film Fitna. Aku meragukan apakah memang pantas disebut film, karena lebih tepat disebut kliping, comot sana sini. Gak ada nyeni-nyeninya.

Untuk hal seuprit itu, akses ke Youtube dll ditutup. Persis sama seperti memberantas nyamuk deman berdarah dengan penyemprotan. Nyamuk gak mati, cuma migrasi sebentar, memperkuat diri lalu kembali lagi ke habitatnya. Sementara itu serangga-serangga lain, yang berguna dalam proses perkembangbiakan tumbuhan,mati.


Melalu Youtube, dokter-dokter di pelosok Indonesia dapat melihat dan belajar proses operasi yang dilakukan dokter ahli di negara maju. Melalui Youtube, banyak penimkat seni dapat melihat Swanlake yang dipentaskan dengan indah oleh balerina dari Royal Academic atau Bolsevik. Belum lagi yang dapat mengikuti masterclass Pavaroti atau Placido atau menyaksikan rekaman paduan-paduan suara kelas dunia dalam festival-festival internasional. Ini semua tidak mungkin didapatkan di Indonesia 5 tahun yang lalu. Sebaliknya Indonesia juga dapat memperkenalkan kebudayaannya yang beraneka ragam kepada dunia melalui Youtube (termasuk budaya kekerasan yang berkembang pesar saat ini )


Tapi jangan lupa, yang ditutup hanyalah akses ke youtube.com. Padahal video-video di Youtube dapat diakses dari banyak tempat. Selama ini, aku mem'bookmark" video-video bagus. Jadi setiap kali aku mau melihatnya lagi, dengan mudah aku mencarinya di bookmark. Dan kemudahan itu memang berguna, sampai saat ini aku bebas masuk Youtube.


Bagi yang tidak terbiasa mem'bookmark', cara ini bisa dipakai :

1. Buka www.google.com/ translate

2. Pada "Translate web page" ketik alamat situs misal 'youtube.com'

3. Pada menu dropdown pilihan bahasa di sebelah kanan, ubah pilihan bahasa menjadi bahasa lain to english (mis.arabic to english, atau france to english)

Selamat tetap ber Youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Kupikir.... Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase